Easy Pos Manager Version LITE

Easy Pos Manager adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk menangani proses yang terjadi dalam sebuah industri retail seperti manajemen pembelian, penjualan, supplier, customer, hutang piutang dan lain sebagainya. Output dari aplikasi ini adalah informasi yang dapat dijadikan pijakan untuk pengembangan industri retail yang lebih baik. Easy Pos Manager ver Lite adalah aplikasi basic untuk retail, meliputi :

I. PEMBELIAN

Beli > Jumlah > Discount. Pemberian discount item tambahkan tanda persen (%) untuk prosentase. Bila tidak ada tanda persen maka akan dianggap nilai nominal. Contoh discount 5 persen ditulis dengan 5%, bila tanpa tanpa tanda persen berarti discount 5 Rupiah.

Hapus digunakan untuk menghapus item pembelian sebelum transaksi terjadi. Setelah data pembelian dipastikan benar kemudian pilih tombol Beli sehingga muncul form pembayaran. Berikut adalah form pembayaran.

formpayment

Type Pembayaran
Disediakan tipe pembayaran yaitu Cash, Credit Card, Debet Card dan Other. Cash, Credit Card dan Debet Card diperlakukan sama yaitu dianggap lunas, sedang Other digunakan apabila akan membayar dengan DP, Giro atau cheque. Pembayaran dengan tipe ini akan menimbulkan hutang. Untuk pembayaran giro dan cheque akan dianggap lunas apabila giro dan cheque tersebut sudah dicairkan. Dalam transaksi ini apabila giro atau cheque belum dicairkan masih dianggap hutang.

Jatuh Tempo
Jatuh tempo ini hanya akan aktif apabila kita memilih tipe pembayaran Other untuk menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Total
Adalah jumlah total pembelian

Discount
Discount ini adalah discount total pembelian, bukan merupakan discount pembelian per item. Untuk discount prosentase tambahkan tanda (%) dibelakang angka misalnya 10%. Bila tanpa tanda (%) berarti nilai yang diberikan nilai nominal yaitu 10 rupiah.

PPN
Adalah pajak yang harus ditambahkan apabila ada. Apabila PPN diisi secara otomatis akan menambah jumlah yang harus dibayar. Untuk PPN prosentase tambahkan tanda (%) dibelakang angka misalnya 10%. Bila tanpa tanda (%) berarti nilai yang diberikan nilai nominal yaitu 10 rupiah.

Harus Dibayar
Berisi total pembelian yang harus dibayar yang telah dikurangi discount dan ditambah PPN apabila ada.

Pembayaran
Diisi jumlah uang yang dibayarkan. Sistem akan mendeteksi jumlah pembayaran dan akan memberikan informasi tentang pembayaran tersebut.

Kembalian
Informasi pengembalian uang apabila tipe pembayaran Cash lebih besar dari pada jumlah yang harus dibayar. Apabila data sudah diisikan semua kemudian pilih tombol Process.

B. STOCK

Data Stock adalah data inti yang akan digunakan untuk keseluruhan kegiatan transaksi yang diatur oleh program. Fungsi search terdapat pada bagian atas disediakan untuk melakukan pencarian Stock berdasarkan Lokasi, Golongan, Sub Golongan, Tipe stock dan Kata Kunci yang diberikan. Pengurutan data yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada Judul dari kolom yang akan diurutkan. Contoh: Data akan diurutkan menurut Kode Stocknya bila Judul pada kolom tersebut di klik.

stock

Fungsi Tombol Stock :

a. Cetak
Digunakan untuk mencetak seluruh data yang ditampilkan form Stock.

b. Print Harga Jual
Digunakan untuk mencetak harga jual stock. Untuk melakukan pencetakan klik tombol Cetak. Setting printer dan ukuran kertas yang digunakan akan dibahas lebih detail dibagian Setting.

c. Activate
Berfungsi untuk mengaktifkan stock apabila stock dalam keadaan tidak aktif. Ini bisa terjadi karena stock yang sudah pernah digunakan untuk transaksi tidak boleh dihapus padahal stock tersebut memang sudah tidak tersedia, sehingga supaya tidak mengganggu karena bisa menimbulkan kekeliruan maka di non aktifkan. Cara mengaktifkan stock adalah pilih stock yang tidak aktif kemudian klik Activate.

d. Deactivate
Merupakan kebalikan dari Activate. Fungsinya adalah untuk menonaktifkan stock yang masih dalam kondisi aktif. Cara menonaktifkan stock adalah pilih stock yang masih aktif kemudian pilih Deactivate.

e. Tambah
Digunakan untuk menambahkan Stock baru. Caranya adalah klik tombol add dan akan muncul Form isian berikut

stockadd

Kode : Diisi dengan kode golongan harga jual
Golongan : Diisi dengan nama golongan harga jual
Rack : Diisi Rack dimana Stock tersebut ditempatkan
Kode : Diisi kode Stock
Barcode : Diisi barcode Stock, secara default barcode akan diisi sama dengan kode stock
Nama : Diisi nama Stock
Jumlah Stock : Isian ini tidak dapat diisikan secara manual, karena jumlah stock hanya akan bertambah bila ada transaksi pembelian, mutasi atau adjustment.
Reorder Qty : Diisi jumlah minimum yang harus dipenuhi oleh sebuah item stock sebelum peringatan diberikan.
Max Qty : Diisi jumlah maximum yang harus dipenuhi oleh sebuah item stock sebelum peringatan diberikan.

Peringatan atas stock yang berada di bawah jumlah minimum atau berada di atas jumlah maximum akan diberitahukan pada kotak Informasi.

info1

Satuan : Diisi satuan Stock
Harga Beli : Isian ini tidak dapat diisikan secara manual karena data harga beli didapat dari transaksi pembelian yang dilakukan
Harga Jual : Diisi dengan harga jual dimana dalam form tersebut terdapat daftar harga jual yang sudah diisikan pada waktu membuat data dasar.

Setelah semua form terisi kemudian pilih tombol Tambah.

f. Edit
Edit digunakan untuk memperbaiki data-data Stock. Tampilan form Edit ini mirip dengan tampilan form penambahan Stock. Pilih tombol Edit bila proses editing siap dilakukan.

g. Hapus
Fasilitas ini digunakan untuk menghapus data Stock. Penghapusan Stock hanya bisa dilakukan bila belum ada transaksi yang berkaitan dengan stock tersebut, baik itu pembelian, penjualan, mutasi, prive ataupun adjustment. Bila telah ada transaksi, maka data Stock tidak dapat dihapus karena untuk referensi laporan. Cara untuk menghapus Stock adalah : pilih Stock yang akan dihapus kemudian pilih tombol Hapus.

h. Adjust
Adjustment biasa dilakukan pada saat proses stock opname, dimana jumlah fisik yang ada di perusahaan dan yang ada di database akan disamakan. Adjustment digunakan untuk melakukan penambahan ataupun pengurangan stock tanpa melalui transaksi pembelian, penjualan, mutasi maupun prive.
adjust
Tanggal : Diisi tanggal adjustment
No. Faktur : Diisi nomor faktur dari adjustment
Keterangan : Keterangan mengenai adjustment
Jumlah Sekarang : Jumlah stock yang ada di database saat ini
Tambah/Kurang : Isian jumlah adjust naik (penambahan) atau adjust turun (pengurangan). Untuk adjust turun sertakan tanda minus. Contoh turun 5 form diisi -5.
Adjust Menjadi : Jumlah stock yang seharusnya setelah ada penambahan atau pengurangan.
Harga Beli : Bilamana dilakukan penambahan atas jumlah Stock (adjust naik), maka isian harga beli akan aktif. Harga beli akan diaplikasikan pada stock baru

Setelah semua form terisi kemudian pilih tombol Adjust.

i. Tutup
Dipergunakan untuk menutup form stock

C. PENJUALAN

Langkah-langkah penjualan ini sama seperti dengan langkah-langaka pembelian. Perbedaannya adalah di form Tambah. Form Tambah ini hanya akan menampilkan daftar stock yang jumlahnya lebih dari nol atau stock tersedia. Proses pembayaran juga sama dengan proses pembayaran pada transaksi pembelian. Berikut adalah form penjualan.

selling

Lokasi : Lokasi transaksi penjualan
Tanggal : Tanggal transaksi penjualan
No. Faktur : Nomor transaksi penjualan yang diset secara otomatis oleh
sistem
Customer : Pilihan daftar customer

Perpindahan antar form yang harus diisi dapat menggunakan keyboard dengan tekan Enter ataupun Tab (Program memberikan fasilitas bila pengguna tidak mempergunakan mouse).

Navigasi di dalam grid penjualan ini menggunakan tombol Enter pada keyboard. Perpindahan kolom mulai dari Jumlahà Discount. Pemberian discount item tambahkan tanda (%) untuk prosentase. Bila tidak ada tanda (%) maka akan dianggap nilai nominal. Contoh discount 5 persen ditulis dengan 5%, bila tanpa tanpa tanda (%) berarti discount nominal 5 Rupiah.

Setelah semua data transaksi terisi kemudian pilih tombol Jual. Seperti informasi diatas bahwa proses pembayaran dalam tranasaksi penjualan sama dengan proses pembayaran pada transaksi pembelian. Bila data transaksi telah terisi kemudian pilih tombol Process. Pilihan print disediakan apabila ingin mencetak bukti transaksi.

D. TRANSAKSI TOTAL

Memberikan informasi total transaksi harian per item. Form ini juga dilengkapi dengan fasilitas search berdasrkan lokasi, Operator, transaksi(keluar/masuk), tipe transaksi dan tanggal transaksi.

transactiontotal

Fungsi Tombol Transaksi Total

Cetak
Digunakan untuk mencetak data yang ditampilkan form Transaksi Total.

Tutup
Digunakan untuk menutup form Transaksi Total.

E. LOCAL

a. Form Layout

Form layout ini digunakan untuk mengatur tampilan form penjualan. Ada dua pilihan tampilan form penjualan yaitu Normal danSimple. Untuk pengaturan pilih salah satu layout kemudian klik Simpan.

b. Printer Setting

Fasilitas ini digunakan untuk mengeset printer beserta pilihan format layout print untuk transaksi dan laporan. Tentu saja dalam hal ini yang membedakan adalah ukurannya.

c. Cash Drawer

Fasilitas ini disediakan apabila EasyPosManager. diaplikasikan dalam komputer POS dimana komputer ini memiliki Cash Drawer. Untuk pengaturan Cash Drawer pilih menu Setting pilih Lokal kemudian pilih Cash Drawer

d. Customer Display

Fasilitas ini hanya khusus untuk implementasi pada komputer yang terhubung dengan customer display. Berikut adalah tampilan setting customer display.

e. Wallpaper

Fungsi ini sama seperti fungsi yang ada dalam operating system windows. Dalam EasyPosManager wallpaper ini digunakan untuk mengatur background aplikasi EasyPosManager.

f. Skin

Kalau wallpaper digunakan untuk mengatur tampilan background program, maka fasilitas skin ini digunakan mengganti skin masing-masing form.

g. Database Setting

Digunakan untuk pengaturan dan check koneksi ke database. Download Full Version Easy POS Manager Version LITE Klik Disini